Minggu, 18 September 2016

Macam-Macam Genre Photography

Macam-macam Genre fotografi yang perlu Anda Ketahui


Fotografi memiliki kesamaan dengan musik, sama-sama terdiri dari jenis atau genrenya masing-masing. Jika musik memiliki genre rock, jazz, pop, dan lain-lain, begitu juga dengan fotografi yang memiliki genre seperti street photography, toy photography, dan masih banyak lagi. 

Artikel ini akan menuntun Anda, kepada genre apa yang ingin di fokuskan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

1. Street Photography (Fotografi Jalanan)



Street Photography adalah kegiatan pemotretan yang berfokus pada aktivitas manusia di jalan, stasiun, mall, di ruang terbuka atau di ruang publik, sehingga foto yang dihasilkan sangat natural dan tidak ada rekayasa.

Biasanya Street Photography ini identik dengan monochrome atau hitam putih, karena foto yang dihasilkan akan lebih terlihat klasik, bersejarah, dan jujur apa adanya. Tapi tidak menuntup kemungkinan genre ini juga menggunakan warna-warna dari foto aslinya.

2. Toy Photography (Fotografi Mainan)


Toy Photography adalah genre fotografi yang bisa dikatakan "Memanusiakan Mainan". Genre fotografi ini harus dibutuhkan kreatifitas dan imajinasi yang tinggi, serta aksesoris-aksesoris mainan yang mendukung jenis fotografi ini.

Tantangan yang harus dihadapi oleh genre fotografi ini adalah bagaimana kita bisa membuat mainan terlihat seperti hidup. Lensa yang dibutuhkan untuk genre fotografi ini adalah lensa makro di tambah dengan teknik focus Staking. Selain itu, adanya pengaturan cahaya agar mainan tersebut lebih berdimensi.

3. Stage Concert Photography (Fotografi konser Panggung)


Stage Concert Photography adalah genre yang memfokuskan kepada objek yang melakukan aksinya diatas panggung. Genre fotografi ini tidaklah mudah, karena kita akan direpotkan dengan kondisi panggung yang gelap-terang, lighting yang berpindah-pindah dan berganti-ganti warna, dan jarak fokus terhadap objek yang berubah-ubah.

Untuk bisa mendapatkan foto yang baik, harus ada kecepatan jari-jari tangan dalam mengoperasikan kamera seperti, mengatur Shutter Speed, Aperture, dan Iso. Shutter Speed sangatlah penting dalam genre fotografi ini, karena kita harus menangkap objek dengan cepat, seperti memotret personil yang gerakannya sangat enerjik dibutuhkan shutter speed yang cepat juga, seperti 1/200 detik atau bahkan lebih cepat dari itu. Sisanya kita mengatur Iso sedemikian rupa agar foto yang dihasilkan tidak terlalu gelap dan tidak menghasilkan noise (biasanya pada nilai Iso yang tinggi, seperti 6400).


4. Fashion Photography (Fotografi Fashion)


Fashion Photography adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan busana dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fashion sering dilakukan untuk iklan, majalah atau beredar dikalangan desainer. Fotografi fashion cenderung memotret daerah eksotis dengan pencahayaan yang dramatis.

Hal yang harus diperhatikan pada fashion fotografi adalah,

1. Photographer harus bisa menerjemahkan konsep busana dari produk fashion ke dalam bentuk visual.

2.  Untuk menghasilkan foto fashion yang menarik, tidak hanya melibatkan busana yang dipakai, tetapi harus ada faktor yang mendukung, seperti make up pada seorang model, latar belakang yang dipakai, dan aksesoris atau barang-barang yang dapat menjadi nilai tambah pada foto yang dihasilkan.

4. Food Photography (Fotografi Makanan)


Food Photography adalah genre fotografi yang subjek utamanya adalah makanan, bagaimana mengabadikan makanan tersebut menjadi sesuatu yang memiliki nilai seni yang tinggi. Genre fotografi ini tidaklah mudah karena harus ada teknik makanan yang bisa membuat makanan terlihat menarik dan menggiurkan.

Saat ingin memotret suatu makanan, yang diperhatikan adalah tata letak dan tampilan makanan tersebut. Berikan hiasan-hiasan agar menambah daya tarik makanan tersebut.

Gunakan aksesoris-aksesoris yang mendukung seperti taplak, peralatan makan, dan dekorasi lainnya.


Demikian informasi mengenai genre-genre fotografi. Semoga bermanfaat bagi pembaca setia. Terima Kasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar