Selasa, 20 September 2016

Kamera DSLR

Penjelasan Tentang Kamera DSLR



Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma (Pentamirror) untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju viewfinder. Kamera DSLR memiliki keunggulan dalam hal ukuran sensor yang lebih besar dibanding jenis kamera lainnya. 

Bagi kamu yang belum tahu detail bagian-bagian pada kamera DSLR, berikut akan dijelaskan bagian-bagian yang terdapat pada kamera DSLR.


1. Tombol Shutter


Tombol shutter adalah tombol untuk melakukan aksi pengambilan gambar. Terdapat 2 langkah dalam menekan tombol shutter. Langkah pertama adalah menekan tombol shutter separuh kebawah yang bertujuan untuk mencari fokus terlebih dahulu. Lalu langkah kedua adalah menekan tombol shutter secara penuh kebawah untuk menangkap gambar.

2. Dudukan Lensa


Dudukan Lensa adalah bagian untuk menghubungkan badan kamera dengan lensa kamera. Titik merah yang ada pada dudukan lensa berfungsi sebagai penanda sejajarnya lensa dengan badan kamera.

3. Cermin


Cermin yang berada didalam badan kamera ini adalah tempat memantulnya cahaya ke viewfinder yang masuk melalui lensa.

4. Tombol Pelepas Lensa


Jika ingin melepaskan lensa dari badan kamera, tekanlah tombol ini. Saat pin kunci lensa terbuka, Anda dapat memutar lensa secara bebas. Sebelum melakukan pemotretan, pastikan bahwa lensa telah terkunci dengan benar pada badan lensa.

5. Flash Build-in


Jika sedang memotret pada saat gelap atau kekurangan cahaya, Anda dapat menggunakan lampu tembak dari flash ini. Flash ini akan otomatis terbuka (pada mode dial auto) jika sensor menangkap subjek yang kekurangan cahaya. Tapi flash ini juga bisa dibuka secara manual.

6. Dudukan Tripod


Ini adalah dudukan tripod yang berada di bawah badan kamera DSLR. Ukuran sekrupnya standar, jadi Anda dapat menggunakan segala jenis tripod.

7. Tempat Baterai dan SD Card


Tempat baterai biasanya berada di bawah badan kamera. Masukkan baterai dengan mengarahkan terminal baterai yang sejajar dengan yang ada di dalam kamera. Begitu pula dengan SD Card, letak slotnya berada disamping badan kamera.

8. Viewfinder


Anda bisa membidik objek yang ingin difoto melalui viewfinder ini. Pada viewfinder tidak hanya terdapat gambar yang ingin diambil, tetapi juga terdapat detail pengaturan, seperti iso, aperture, shutter speed, dll.

9. Tombol Menu

Jika Anda ingin melakukan pengaturan kamera secara lebih rinci, Anda dapat menekan tombol menu, lalu akan muncul tampilan pengaturan, mulai dari format penyimpanan gambar (JPEG atau RAW), auto iso, dan lain-lain.


10. Monitor LCD


Monitor LCD adalah tempat untuk menampilkan detail pengaturan pada kamera, seperti shutter speed (seperti 1/250), aperture (F4.0), iso (ISO 400), kapasitas baterai, jumlah gambar yang masih bisa ambil (4086), metering, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar